pengetahuan teknologi

Menggunakan Keywords Planner Google Adwords

By

Apakah Anda mencari Tools riset keyword serba bisa? Jawabannya keywords planner Google Adwords. Google Keyword Planner ini mampu melakukan riset keyword untuk keperluan Seo dan Google Ads. Tools ini pada dasarnya memang dibuat untuk keperluan pembuatan iklan di Google Ads. Namun di tools ini Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan riset keywords SEO. Selain itu Anda juga bisa menggunakan tools ini secara gratis.  

Apakah cara menggunakannya sulit? Anda tidak perlu khawatir, tools ini ramah pemula. Karena bagian dari Google Ads, maka Anda perlu terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Keyword Planner. Anda akan tetap bisa menggunakan Google Keyword Planner tanpa harus memasang Iklan di Google. Berikut Ini akan saya tunjukan cara menggunakan Keywords planner Google Adwords mulai dari mendaftar sampai tips penggunaannya.

Cara Daftar Google Keyword Planner

  1. Buka Google Ads. Pilih menu Tools > Keyword Planner
  2. Buat akun baru. Klik New Google Ads Account  
  3. Pilih tujuan Google Ads. Ada tiga pilihan tujuan Google, yakni mengarahkan pencari untuk menelpon bisnis Anda, mengarahkan pencarian ke website bisnis Anda, dan mengarahkan pencari untuk mendatangi lokasi bisnis. Pilih salah satu sesuai yang Anda inginkan. 
  4. Masukan informasi bisnis. Masukan informasi sesuai dengan pilihan sebelumnya.
  5. Tentukan jangkauan konsumen. 
  6. Tentukan Target Pencarian. Tentukan di pencarian apa saja iklan yang akan muncul sesuai niche bisnis Anda.
  7. Buat Headline dan Deskripsi untuk iklan.
  8. Tentukan Budget.
  9. Review Iklan. Pastikan semua informasi yang Anda masukan sudah benar.
  10.  Pilih Metode Pembayaran. Jika Anda tidak berniat beriklan di Google Ads, pilih metode Manual dan Transfer Bank
  11. Pembuatan Akun Google Ads Selesai.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Jika Anda sudah selesai membuat akun Google Ads dan melakukan konfirmasi email, maka Anda akan otomatis diarahkan ke dashboard Google Ads. Klik Tools di pojok kanan atas, lalu pilih Keywords Planner.  Ada dua fitur utama yang dimiliki Google Keyword Planner, yakni Discover New Keywords dan Get Search Volume and Forecast. 

  1. Discover New Keywords

Anda bisa menggunakan dua cara untuk menemukan saran kata kunci di Google Keyword Planner ini. Cara pertama, Anda perlu memasukan kata kunci yang ingin di reset. Setelah itu masukan kata kunci yang kemudian berhubungan dengan topik website Anda. Google Keyword Planner membatasi hanya maksimal 10 kata kunci untuk satu kali riset. Klik Get Result setelah Anda memasukan semua keyword. Setelah itu kan muncul tampilan detail riset keyword yang bisa Anda gunakan. Google Keyword Planner memberikan beberapa informasi sebagai berikut:

  • Average Monthly Search: Rata-rata pencarian kata kunci untuk tiap bulan.
  • Competition: Menunjukan tingkat kesulitan menayangkan keyword tersebut.
  • Top of Page Bid (Low Range): Harga terendah yang dapat diajukan oleh pengiklan.
  • Top of Page Bid (High Range): Harga tertinggi yang diajukan oleh pengiklan.
  • Broaden Your Search: Menunjukan saran kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang sebelumnya Anda masukan.

Cara kedua untuk menemukan kata kunci di Google Keyword Planner adalah Anda perlu memasukan alamat website. Google Keywords Planner akan menganalisis kata kunci sesuai dengan website yang Anda miliki. Google Keyword Planner akan memberikan informasi detail tentang hasil analisis kata kunci dari website Anda.   

  1. Get Search Volume and Forecast

Fitur keyword planner Google Adwords  yang satu ini berfungsi untuk memberikan dua informasi, yakni forecast dan historical metric. Untuk cara melakukan Forecast keyword, Anda cukup memasukan keyword yang ingin Anda riset. Maka setelah itu akan muncul hasil analisis detail tentang keywords yang Anda inginkan. Untuk Informasi historical metric, isi datanya hampir sama dengan ketika Anda menggunakan fitur Discover New Keywords. 

Nah, itu lah cara menggunakan keyword planner Google Adwords. Tidak sulit bukan? Anda bisa menggunakan fitur Google Keyword Planner ini untuk untuk cermat meriset kata kunci untuk meningkat pencarian brand Anda di Google. Fitur ini tentu sangat bermanfaat dan mempermudah kerja riset Anda sehingga dapat memaksimalkan penjualan Anda.  

You may also like

Post A Comment

Your email address will not be published.